fbpx

Menulis jurnal ilmiah adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap peneliti. Jurnal ilmiah adalah publikasi periodik yang berisi artikel-artikel ilmiah dan diterbitkan secara berkala. Artikel ini akan membantu Anda memahami cara membuat jurnal ilmiah yang berkualitas.

Pendahuluan

Jurnal ilmiah adalah salah satu sumber ilmu pengetahuan yang sangat penting, terutama bagi mahasiswa dan peneliti. Jurnal biasanya diterbitkan dalam rentang waktu tertentu, seperti setiap 4 bulan atau hingga 1 tahun sekali. Tujuan pembuatan jurnal adalah untuk mengembangkan penelitian yang telah dituliskan serta menjadi acuan bagi peneliti lain yang melakukan penelitian sejenis.

Mengenal Jurnal Ilmiah

Sebelum membahas cara membuat jurnal, ada baiknya kita mengenal jurnal terlebih dahulu. Ada beberapa jenis jurnal yang bisa ditemui, seperti professional or trade journals, scholar journals, dan popular journals. Jurnal umumnya mencakup materi yang luas namun padat, hanya terdiri dari 6 hingga 8 halaman, namun setiap kalimatnya mengandung ilmu pengetahuan yang bernilai.

Baca Juga: 10 Situs Jurnal Internasional Pilihan untuk Para Mahasiswa

Cara Membuat Jurnal Ilmiah

Dalam menyusun jurnal, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, karena membuat jurnal tidak seperti menulis teks biasa. Berikut adalah tahapan dalam membuat jurnal ilmiah yang layak:

  1. Judul: Judul harus jelas dan mencerminkan isi jurnal. Judul yang baik akan memudahkan pembaca untuk mengetahui inti jurnal tanpa harus membaca keseluruhannya.
  2. Abstrak: Abstrak adalah ringkasan dari jurnal yang berisi sekitar 250 kata yang merangkum metode, tujuan, hasil, dan kesimpulan dari penelitian.
  3. Pendahuluan: Pendahuluan adalah pernyataan dari kasus yang diteliti, yang memberikan informasi kepada pembaca agar dapat memahami tujuan penelitian dalam kerangka teoritis yang lebih besar.
  4. Bahan dan Metode: Bagian ini menjelaskan tentang proses percobaan yang telah dilakukan.
  5. Hasil: Di bagian ini, peneliti menyajikan data yang telah dikumpulkan dalam bentuk tabel, teks, atau gambar.
  6. Pembahasan: Dalam bagian ini, peneliti menafsirkan data dan menjelaskan pola yang diamati.
  7. Kesimpulan: Bagian ini hanya membuat kesimpulan dari keseluruhan percobaan yang sudah dilakukan.
  8. Daftar Pustaka: Daftar pustaka adalah kumpulan dari nama-nama literatur yang digunakan sebagai bahan referensi dalam pembuatan jurnal.

Kesimpulan

Membuat jurnal ilmiah yang berkualitas membutuhkan pemahaman yang baik tentang topik penelitian dan keterampilan menulis yang baik. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda akan dapat membuat jurnal ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat bagi peneliti lain.

publikasi jurnal

Butuh Layanan Pendampingan Publikasi Jurnal? Hubungi Britter sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top