fbpx
beasiswa cendekia baznas

Pembukaan Pendaftaran Beasiswa Cendekia Baznas di Al-Azhar dan Wilayah Timur Tengah untuk Tahun 2023

Tahun ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali mengumumkan pendaftaran untuk program Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) di Al-Azhar Mesir serta di beberapa negara Timur Tengah. Program ini, yang kini memasuki Angkatan ke-4 untuk Al-Azhar dan Angkatan ke-2 untuk Timur Tengah, dikhususkan untuk mahasiswa aktif di Universitas Al-Azhar dan beberapa negara seperti Maroko, Oman, Qatar, Tunisia, Turki, dan Yordania yang berada di tingkat 1 hingga 4.

Menurut laman resmi Baznas, ada sebanyak 300 beasiswa yang disediakan untuk tahun 2023. Saidah Sakwan MA, Pimpinan Baznas RI di Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, menekankan bahwa program ini adalah upaya Baznas untuk mendukung pendidikan dan pembinaan ulama di Indonesia.

Mahasiswa yang terpilih akan menerima berbagai manfaat seperti uang saku bulanan sebesar Rp 1 juta untuk maksimal dua tahun, seragam, serta pembinaan rutin dari BAZNAS, PPMI Mesir, dan OIAA. Saidah menyatakan bahwa beasiswa ini merupakan apresiasi Baznas kepada generasi muda untuk mendukung biaya pendidikan mereka.

“Pendidikan adalah kunci penting bagi generasi muda untuk melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa. Kami berterima kasih kepada BAZNAS atas dukungannya dalam membiayai Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) untuk pendidikan mahasiswa Indonesia di Al-Azhar dan negara-negara Timur Tengah,” ujar Saidah.

Baca Juga: Panduan Lengkap Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024

Bagi yang tertarik, pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan ini: Link Pendaftaran Beasiswa

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia dengan KTP dan KK.
  2. Status mahasiswa aktif di Universitas Al-Azhar atau di negara Timur Tengah dengan bukti surat keterangan dan kartu mahasiswa.
  3. Tidak menerima beasiswa lain dan belum menikah.
  4. Kemampuan menghafal atau penguasaan kitab sebagai nilai tambah.
  5. Lampiran ijazah dan transkrip SMA atau setara.
  6. Rekomendasi dari tokoh masyarakat dan berbagai surat pernyataan yang telah disiapkan.
  7. Esai dengan tema “Kuliah di Al-Azhar dan Rencana Pasca Lulus” dengan spesifikasi tertentu.
  8. Bukti prestasi, jika ada.

Jadwal seleksi dimulai dengan pendaftaran online pada 11-20 Desember 2023, dilanjutkan dengan seleksi berkas dan wawancara, dan diakhiri dengan pengumuman kelulusan pada akhir Januari 2024.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website resmi Baznas di Website Resmi Baznas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top